Masalah Keterlambatan Penerbangan Pesawat (Bab III)

Bab III

Kesimpulan

            Dalam kasus tersebut, keadilan tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Pertanggung jawaban dilakukan secara telambat sehingga penumpang tidak mendapatkan apa yang seharusnya didapatkan dalaam waktu yang seharusnya. Penumpang dirugikan dalam berbagai macam bentuk. Baik waktu, materi, dan lain sebagainya. Hal yang membuat adil yaitu penyelesaiannya dilakukan secara adil. Penumpang mendapat pesawat ganti dan mendapat uang ganti rugi sebesar Rp.300.000,- meskipun terlambat. Namun, ketidakadilan yang ada yaitu penumpang tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan.

Menurut Mega, cara yang dapat dilakukan untuk menjunjung tinggi HAM yaitu akan mensosialisasikan HAM kepada teman. Menghormati orang lain sesuai dengan haknya. Tidak berlaku semena-mena pada orang lain, karena setiap orang memiliki hak masing-masing. Menurut Abraham Caranya adalah mempublikasikan HAM (Hak Asasi Manusia) lewat iklan yang ada di TV, Internet, Media social, dan lewat organisasi organisasi besar, contohnya RT/RW, Kantor, Tempat bekerja,dll. Selain itu juga diberikan aturan aturan yang memberikan sanksi/hukuman kepada siapa saja yang melanggar Hak Asasi Manusia. Menurut Rosabella sikap agar HAM dijunjung tinggi adalah saya harus menghormati orang lain, harus menjunjung tinggi martabat. Menurut Joshua, keterlambatan ini sangat melanggar HAM apalagi dengan kurangnya udara dalam pesawat dapat membunuh para penumpang. Seharusnya penegakkan HAM dapat dijunjung tinggi, apalagi ini juga isu soal profesionalitas pihak Lion Air. Agar HAM dalam kasus ini dapat dijunjung tinggi, pihak lembaga penerbangan Nasional harus menegaskan dan memperbaiki instansi Lion Air. Menurut Lynda, Hak asasi manusia adalah cara untuk hidup bersama. Kita semua harus mengikuti tapi bukan sebagai kewajiban tetapi sebagai bentuk hidup saya, tidak ada orang yang dilahirkan diskriminasi, budaya keluarga adalah apa yang membuatnya begitu. Sedangkan menurut Kevin Stevenson sikap untuk menjunjung tinggi HAM antara lain adalah dengan menjalankan segala perintah dalam HAM namun juga harus memperhatikan ajaran agama karena apabila saya menjalankan segala perintah HAM tanpa menyesuaikannya dengan hukum agama maka saya akan lebih seperti para penganut GZB (Gerakan Zaman Baru) yang menjalankan HAM namun mengabaikan fakta dosa yang membawa perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Apabila Abraham terpilih menjadi tokoh penyelesaian masalah, yang dapat saya lakukan untuk menyelesaikan masalah adalah Saya akan turun ke rakyat dan memantau langsung keadaan sekitar dan sya lakukan seperti yang ada di nomor 1. Menurut Mega, mengerti dahulu apa masalahnya, mengapa mereka berada pada konflik tersebut. Setelah itu, berpikir secara adil, mana yang salah dan mana yang benar. Jika mereka benar bilang benar, tapi kalau mereka salah bilang salah. Supaya mereka tahu apa kesalahannya. Joshua akan jadi instansi Lembaga Penerbangan Internasional, saya akan melatih dan membenahi seluruh institusi Lion air supaya tidak terjadi masalah seperti ini lgi. Saya akan melakukan hal yang sama untuk mengatasi masalah ini. Memberi ganti rugi dan menerbangkan ulang. Roosabella akan dapat saya lakukan untuk menyelesaikan masalah adalah melerainya dan memberikan solusi, karena dengan cara tersebut mungkin dapat menyelesaikan suatu masalah yang ada. menurut Lynda, Jika saya terpilih untuk memecahkan masalah pasti akan fokus pada promosi perdamaian dan penerimaan utama dari perbedaan, saya pikir jika semua manusia berkolaborasi dengan tindakan kecil dapat mengubah dunia, bukan dalam satu bulan atau satu tahun, merupakan proses yang lambat tetapi dapat dilakukan. Lain hal nya dengan Kevin Stevenson, dia akan mengadukan masalah tersebut kepada pihak yang berwajib, seperti Polri, lembaga pengadilan, KUA (Kantor Urusan Agama), dan sebagainya serta meminta agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi masalah tersebut dan menjelaskan bagaimana masalah tersebut harus diselesaikan.

Kasus tersebut berkaitan dengan perintah Tuhan yang berbunyi “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” – Lukas, 10 : 27. Ayat ini sesuai dengan kasus ini, dimana kita harus mengasihi sesama manusia dan menghormati hak nya masing-masing. melanggar HAM itu berarti tidak mengasihi manusia. Melanggar HAM cenderung menyiksa manusia. Seperti tidak adanya oksigen, udara panas dalam pesawat melanggar HAM juga melanggar perintah Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s